Cerita Pendakian 3078 (Taman Nasional Gunung Ciremai)

Foto Celebes hiking squad  + 1 org yg lagi fotoin kita

--02 september '16--

Perjalanan kami dimulai pada hari ini, setelah sholat jumat semua barang dan perlengkapan di packing rapi kedalam carrier dan tas yang akan kami bawa. sekitar pukul 15.30 kami berdelapan berangkat dari Sukapura Bandung menggunakan kendaraan roda 2 menuju kab. Majalengka. Majalengka adalah tujuan kami saat ini, karna kami berencana melakukan pendakian Gunung Ciremai via Apuy.

*macet - ban bocor - salah jalan - istirahat.
Akhirnya kami tiba di portal pendakian sekitar pukul 23.30 . Istirahat sebentar, habis itu registrasi untuk dapat Simaksi (surat izin masuk kawasan konservasi). Htm di ciremai sebanyak Rp. 50.000,- sudah termasuk konsumsi 1 kali makan + sertifikat. kami lebih memilih menyimpan kupon makanannya untuk ditukarkan saat pulang.

--03 september '16--

sekitar pukul 00.30 kami memulai perjalanan, tak lupa sebelum itu melapor terlebih dahulu ke Ranger gunung ciremai untuk melakukan pengecekan robongan dan pemeriksaan barang bawaan. kita juga diberikan trash bag untuk menampung sampah, "Ingat Gunung bukan Tempat Sampah !".
Ditengah dinginnya malam perjalanan dari pos 1 ditempuh sekitar 30 menit menuju pos 2 "Arban". medannya masih sedikit mudah karna masih ditemukan jalan untuk kendaraan roda 2 sepanjang jalur.
 Melewati pos 2 perjalanan telah memasuki area hutan dan beberapa tanjakan yang cukup menggugah selera. dengan berbekal air minum + senter kami membelah malam.
kami berencana untuk camp di atas pos 3 (begitu saran dari para ranger hahah), tapi apa daya malam semakin larut+perjalanan melelahkan dari bandung - majalengka membuat kami kelelahan pos 3 pun sepertinya belum terlihat, akhirnya sekitar pukul 2.30 kami memilih istirahat di pos yang kami sebut "pos PHP". tanpa membangun tenda kami istirahat hanya bermodal matras dan sleeping bag.
sekitar 1 jam kita beristirahat, pukul 03.30 kami melanjutkan perjalanan. tak lama berjalan ternyata ketemu juga pos 3, karna masih semangat kami lanjutkan lagi perjalanan.
sekitar pukul 05.00 kami memutuskan rehat sejenak diantara pos 3 menuju pos 4 untuk sholat subuh beribadah pada yang kuasa.
akhirnya sekitar pukul 07.30 kami mencapai pos 4. disini kami memutuskan untuk membangun tenda terus  makan lalu istirahat.
 skip skip sekitar pukul 10.30 kami melanjutkan perjalanan untuk menuju puncak. perjalanan dari pos 4 menuju pos 5 cukup lama melewati medan yang terus menanjak dan lumayan jauh. matahari semakin meninggi pos 5 pun terlihat, ternyata cukup ramai oleh tenda para pendaki lain. seduh kopi sejenak lalu lanjut lagi, puncak sudah samar-samar terlihat.
perjalanan menuju pos 6 cukup berbeda dengan medan sebelumnya, jalur ini sudah didominasi oleh bebatuan. lelah dan letih akhirnya sampai juga di kawasan pos 6 (goa Walet), tetapi sempat alam menjadi tak bersahabat, hujan mulai mengguyur disertai dengan kabut tebal yang menyelimuti. hal ini akhirnya memaksa kami untuk turun dan berlindung di Goa Walet.
dingin semakin menusuk, seperti biasa kami seduh kopi lagi sekedar penambah kehangatan dan semangat. hujan reda kami melanjutkan dan membulatkan tekad untuk summit. medan bebatuan yang kami lewati sangat terjal. Perhatikan langkah jika ingin selamat !.
Siang menjelang sore itu akhirnya segala lelah dan tenaga yang dikeluarkan terbayar dengan keindahan puncak gunung Ciremai yang dikelilingi awan dan kawah pada bagian tengahnya.

Alhamdulillah...
kami yang awalnya sudah kelelahan seperti mendapat tenaga dan semangat extra di puncak hahha.

disela foto-foto dan istirahat, kami bertemu dengan rombongan pendaki lain yang naik menggunakan jalur Palutungan. kami akhirnya mengibarkan bendera merah putih yang lumayan gede bersama-sama.
Pengibaran Bendera di puncak Ciremai

sore menjelang sekitar pukul 16.30 kami turun dan kembali ke pos 4 dengan hanya bermodal 1 senter yang masih bertahan hingga mencapai tenda, beberapa memang tidak kami bawa dan tertinggal di tenda.
kami memutuskan untuk menginap semalam lagi dengan bekal air yang masih tersisa. di Ciremai sumber air sangat susah jadi disarankan membawa bekal air yang cukup sebelum memulai pendakian.

--04 september '16--

sekitar pukul 06.30 pagi akhirnya pulang dari pos 4 menuju ke pos 1. bersihkan area sekitar camp, jangan meninggal bekas kecuali jejak kaki !.  diperjalanan pun kami memunguti sampah di sepanjang jalur pulang mumpung trash bagnya beluh penuh heheh.

sekitar pukul 10.00 kami tiba diportal, tak lupa melapor di ranger dan mengumpulkan sampah. setelah itu kami diberikan sertifikat dan tak lupa kami menukarkan kupon yang belum kami pakai dengan makanan berupa sebungkus nasi lengkap dengan lauknya.
pukul 12.00 kami akhirnhya memutuskan pulang dan kembali ke Bandung.
sekian perjalanan kami dan sampai jumpa di perjalanan berikutnya.
wassalam

"Mendaki sebuah gunung adalah menaklukan diri sendiri, bukan tentang seberapa cepat kita sampai ke puncak. Mendaki gunung juga bukan sekedar mencapai puncak, tetapi turun dan harus pulang dengan selamat. Gunung tempat melatih diri, kerjasama dan semangat."